Breaking News

Penilaian Rumah Tinggal

Harga yang dicantumkan penjual (rumah tinggal) tidak harus mencerminkan nilai aktualnya. Itulah sebabnya penilaian rumah tinggal adalah bagian penting dari proses pembelian. Penilaian rumah tinggal adalah perkiraan profesional tentang nilai rumah tinggal. Penilaian ikut berperan ketika adanya keinginan membeli rumah tinggal dan membiayainya melalui hipotek atau ketika ingin membiayai kembali hipotek. 

appraisal.my.id

Tujuan dari penilaian rumah tinggal adalah untuk menentukan berapa nilai properti yang sebenarnya. Penilaian rumah tinggal tidak hanya dapat melindungi seorang pembeli, tetapi umumnya merupakan langkah wajib untuk mendapatkan hipotek. Saat membeli rumah, proses penilaian meminta melibatkan penilai properti yang disetujui bank untuk memeriksa properti. Penilai akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap rumah, dengan memperhatikan hal-hal seperti: dimensi tanah dan bangunan; ukuran; perbandingan; jumlah kamar tidur; jumlah kamar mandi; dan menambahkan fitur, seperti garasi, pagar, dan kolam renang.

Setelah informasi dicatat, penilai akan menggali penjualan yang sebanding di lingkungan yang sama untuk menentukan nilai rumah yang ingin dibeli. Misalnya, jika rumah yang diinginkan ditawarkan dengan harga pembelian Rp 500 juta, penilai akan menemukan properti serupa di daerah yang baru saja dibeli. Jika rumah-rumah itu dijual antara Rp 450 juta, dan Rp 550 juta, hal tersebut dapat berarti bahwa harga yang ditawarkan dalam kondisi yang relatif baik atau penawaran relatif wajar. Jika tidak, ada kemungkinan untuk dapat meyakinkan pembeli untuk mengambil penawaran yang lebih rendah. 

Perlu diingat bahwa proses penilaian dapat berbeda untuk rumah konstruksi baru. Penjualan yang sebanding seringkali sulit didapat dengan konstruksi baru, sehingga penilai umumnya mengambil taksiran biaya tanah tempat rumah baru dibangun ditambah dengan biaya untuk membangun kembali properti tersebut untuk sampai pada nilainya. 

Proses penilaian rumah tinggal mirip ketika mencari untuk membiayai kembali hipotek yang ada. Dalam hal ini, penilai melihat ruang saat ini, mencatat hal-hal seperti peningkatan dan perbaikan rumah, dan membandingkannya dengan rumah yang baru-baru ini terjual di lingkungan serupa untuk menilai nilainya. Penilaian rumah tinggal tidak sama dengan inspeksi rumah. Pemeriksaan mendalam tentang keadaan rumah tinggal yang ingin dibeli sehingga tidak terkena kejutan “mahal” setelah fakta. Pekerjaan seorang penilai rumah tinggal bukan untuk mencari masalah potensial tetapi untuk menentukan nilai properti tersebut. 

Mengapa pemberi pinjaman membutuhkan penilaian? Pemberi pinjaman hipotek menuntut penilaian rumah tinggal karena mereka ingin melindungi diri dari resiko gagal bayar. Jika nilai aktual rumah tinggal yang dinilai kurang dari harga yang dibayar, atau kurang dari nilai hipotek, kreditur tidak akan dapat menjualnya dengan harga yang cukup tinggi untuk mengganti pinjaman jika gagal bayar. Karenanya, penilaian pada umumnya merupakan persyaratan yang tidak bisa dihindarkan. 

Ketika kita berpikir bahwa karena pemberi pinjaman hipotek memerlukan penilaian, mereka yang akan membayar biayanya. Tapi tidak demikian. Sebagai pembeli, pembeli adalah orang yang bertanggung jawab untuk menutupi biaya penilaian, dan pembeli akan membayarnya sebagai bagian dari biaya yang berlaku ketika diajukannya proses permohonan dan menandatangani hipotek. Ingatlah bahwa pemberi pinjaman umumnya memiliki daftar penilai yang disetujui yang bekerja dengan mereka - dan berapa pun biaya yang mereka kenakan untuk pemohon pinjaman.

(asdf/11/19)

No comments